Bahaya dan Akibat Dari Penggunaan Charger Palsu

Hampir setiap hari dan setiap saat orang-orang menggunakan charger. Masalahnya, hampir semua barang elektronik sekarang memiliki baterai yang bisa di charger seperti senter, jam tangan, hp dan juga laptop.

Pada zaman sekarang ponsel sudah menjadi seperti pakaian saja, dipake dan dibawa kemana-mana karena fungsinya sudah semakin bagus saja. Tentu saja hal ini akan membuat orang-orang menggunakannya dalam waktu yang lama juga dan jika digunakan terus-menerus maka daya baterainya juga akan habis dan harus di charge. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dalam charge ponsel, termasuk dalam penggunaan charger. Jangan sembarangan menggunakan charger untuk mengisi baterai ponsel, karena akan berakibat buruk untuk ponsel.
Kali ini kita akan membahas tentang penggunaan charger lokal.
Akibat buruk dari charger palsu


Mengapa Charger Lokal Bebahaya


  1. Perbedaan output tegangan beda - Karena pada dasarnya pengisian baterai dapat terjadi jika ada tegangan yang berbeda. Baterai biasanya memiliki tegangan 3.8 Volt sedangkan charger 4.0 sampai 5.0 Volt, perbedaan inilah yang membuat proses charging sehingga terjadi pengisian ulang pada baterai. Tapi jika menggunakan charger lokal tegangan yang dikeluarkan mungkin berbeda sehingga kadang tidak terjadi pengisian bahkan bisa merusak komponen baterai.
  2. Perbedaan output arus - Selain tegangan, hal yang perlu diperhatikan adalah arus yang dikeluarkan oleh charger, pada charger lokal biasanya memiliki arus yang kecil sehingga proses mengisi lebih lama yang mengakibatkan baterai terus diisi tanpa pernah penuh dan membuat batery mulai mengalami kerusakan.
  3. Output tidak stabil - Dikarenakan harga yang murah, banyak orang yang membeli charger bajakan atau palsu. Meskipun charger yang dibeli itu sama persis dan murah, tapi dalam aspek kinerja dan output bisa saja tidak sama. Terkadang hal itu bisa menyebabkan proses charge tidak berjalan dengan baik.

Akibat Charger Lokal Untuk Android

  • Proses pengisian baterai lebih lama
  • Umur baterai menjadi singkat
  • Regulator baterai bisa rusak
  • Membuat baterai menjadi mengembung

Akibat Chargel Lokal Untuk Ponsel

  • Merusak jalur pengisian - Menggunakan charger yang asal-asalan tidak akan merusak ponsel jika charger yang digunakan memiliki kesamaan persis yang asliya.
  • Merusak Ponsel hingga mati total - Hal ini yang paling ditakuti, arus tegangan yang lebih besar dapat merusak sistem pengisian yang terdapat pada ponsel.

Tips Memilih Charger yang Aman


Untuk menghindari segala hal yang buruk akibat menggunakan charger yang palsu, maka ada baiknya kamu ikuti beberapa tips berikut.
  1. Pastikan output arus yang tertera pada charger yang kamu beli sesuai dengan charge yang asli.
  2. Pastikan tegangan keluar pada charger yang kamu beli sama dengan yang Original.
  3. Minta beberapa merk charger yang akan kamu beli dan silahkan tanyakan harga dari masing-masing merk. Kemudian kamu pilih charger yang harganya pas atau paling mahal juga tidak apa-apa
Itulah informasi mengenai bahaya dari penggunaan charger palsu pada android yang dapat kamu terapkan untuk ponsel kamu supaya android tetap awet dan terjaga kualitasnya.
Sekian info tentang charger lokal kali ini, semoga bisa membantu.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon